BERWISATA DI KEPULAUAN SERIBU

27 Jul 2013
Berwisata memang suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Khususnya bagi anda yang aktifitasnya benar-benar padat. Berwisata adalah cara tersendiri untuk menghilangkan penat dan jenuh tersebut walaupun barang sejenak. Aneka jenis refresing pun juga beragam. Ada yang memilih berenang, main golf, happy camp, memancing, bahkan ada juga yang hanya sekedar jalan-jalan untuk pergi kesuatu tempat karena bagus tempatnya, enak jajanannya, juga karena sejuk pemandangannya.

Baiklah. Sebelumnya, saya sengaja mempelajarinya hingga tiga hari yang lalu. Mencari di banyak mesin pencari untuk mendapatkan informasi yang benar-benar bisa memuaskan saya. Saya print, dan saya coba kembangkan dikit demi sedikit. Dengan harapan postingan saya dapat lebih baik dan berkualitas dalam perkembangannya.

Kepulauan Seribu

Menurut Wikipedia. Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 105 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km². Posisinya secara geografis adalah pada 5°24´ - 5°45´ LS dan 106°25´ - 106°40´ BT dengan luas 1.180,8 hektaree (11,8 km²). Temperatur sepanjang tahun umumnya berkisar antara 21 °C-32 °C dengan kelembaban udara rata-rata 80%. Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Kepulauan Seribu mempunyai jumlah penduduk sebanyak lebih kurang 20.000 jiwa yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya : Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Sebira. Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan sebagainya.

Keindahan yang ditawarkan Pulau Seribu juga sangat menarik. Pemerintah setempat selalu berusaha untuk mengembangkannya dengan tetap menjaga kebersihan juga kelestariannya. Dengan begitu Pulau Seribu selalu nampak fantastik untuk dinikmati dan direkomendasikan untuk liburan anda.

Selain itu di Kepulau Seribu juga terdapat Taman Nasional dan Taman Laut yang didalmanya banyak terdapat kekayaan bahari yang sangat menakjupkan, indah sekali. Dan hal ini memungkinkan bagi  anda yang ingin sekali snorkeling, diving, ataupun hanya ingin jalan-jalan di aquarium bawah laut yang sengaja di sediakan oleh pihak manajemen untuk para pengunjung sekalin. Apabila anda menginginkan liburan anda semakin manis?. Anda juga dapat mencoba bermain jet ski, glass boat, dan juga banana bot. Pasti liburan anda akan semakin berkesan.

Baiklah sahabat. Keindahan lain yang disuguhkan Pulau Seribu kepada anda tidak sampai disitu saja. Namun masih banyak dan juga beragam. Yaitu keindahan pulaunya yang biasanya dijadikan sebagai target utama banyak para visitor. Diantaranya adalah :

1. Pulau Anyer

Pulau Anyer Kepulauan Seribu

Pulau Anyer  adalah salah satu pulau yang indah di Kepulauan Seribu. Pasalnya di Pulau Anyer ini terdapat sumber air tawar. Selain itu berbagai fasilitas yang disuguhkan juga menarik. Ada ruang meeting, tempat mancing, karaoke keluarga, kolam renang, fun bike, mini pantai, dan masih banyak lagi. Pulau Anyer juga dapat di tempuh hanya dengan berjalan kaki dan bersepeda.

2. Pulau Tidung

Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Apabila anda menginginkan refresing yang memuaskan, berkemah, berfotoria (fotographi), juga bersepedah santai. Pulau ini sangat cocok sekali. Selain keasrian dan ekosistimnya masih terjaga. Pulau Tidung ini merupakan pulau terbesar dari sekian deretan Kepulauan Seribu yang lainnya.

3. Pulau Alam Kotok

Pulau Kotok Kepulauan Seribu

Ada baiknya juga anda jangan melewatkan Pulau yang satu ini. Khusunya bagi anda yang berwisata dengan membawa kekasih hati. Karena Alam Kotok menyuguhkan pemandangan yang ekstra romantis, dengan aneka kicauan burung, serta kekayaan bahari yang menakjupkan. Hamparan luas pasir putih dan pohon-pohon bakau yang besar dan tumbuh alami juga semakin menambah liburan anda menjadi lebih berkesan. Merasakan jus kelapa dan menikmati biawak-biawak yang jinak. Alam Kotok memang terjaga karakteristik dan pemeliharaan lingkungannya.

4. Putri Island

Pulau Putri Kepulauan Seribu

Saya yakin anda semua pasti sudah akrab dengan nama Pulau yang satu ini. Sebuah pulau yang terkenal karena akuarium di dalam lautnya yang langka sekali di Indonesia. Bagi anda yang penasaran dengan tempat ini, silahkan anda menempuhnya 90 menit dengan speed boat dari Marina Ancol Jakarta. Fasilitas yang ada di Pulau Putri ini selain undersea aquarium juga terdapat lapangan tenis, kolam renang, dan live music saat weekend.

5. Sepa Island

Pulau Sepa Kepulauan Seribu

Dari namanya sudah pasti dapat di tebak. Apa yang dapat dilakukan di tempat ini?. Iya betul sekali, tempat ini sangat direkomendasikan seklai untuk para driver, karena diving, dan snorkeling merupakan salah satu kegiatan utama di pulau ini. Dan Pulau Sepa merupakan salah satu pulau yang paling digemari oleh para wisatawan lokal maupun asing.

6. Pulau Pelangi

Pulau Pelangi Kepulauan Seribu

Ada juga yang menyebut pulau ini sebagai Petondan Barat. Petondan Barat adalah pulau kecil pada bagian Kepulauan Seribu. Pulau ini di variasi oleh pohon pinus dan pohon palem. Dan adapun fasilitas disini yang dapayt anda nikmati yaitu penginapan, toko, klinik kesehatan, tempat mancing, diving, dan masih banyak lagi.

7. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Pulau ini merupakan pulau yang memiliki fasilitas pemerintahan di bandingkan dengan pulau-pulau yang lain. Antara lain ada masjid, sekolah, gedung pemerintahan, dan juga penginapan yang terjangkau. Lautnya yang biru serta berdekatan dengan taman laut membuat pulau ini cocok bagi anda yang menginginkan wisata yang ideal dan murah.

8. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari Kepulauan Seribu

Pulau Bidadari kaya akan suasana bahari keindahan alamanya. Karena bukan hanya pesona alam yang membuat tempat ini menarik tetapi juga karena di tempat ini terdapat peninggalan sejarah dan budaya, seperti prasasti, benteng Martello dan meriam milik Belanda. Mempunyai dekorasi yang lain dari pada yang lain. JKarena beberapa cottage dibangun menghadap lautan yang luas.

9. Pulau Pantara

Pulau Pantara Kepulauan Seribu

Pulau Pantara menyediakan banyak fasilitas yang dapat anda pilih. Diantaranya asdalah banana boot, diving, dan masih banyak lagi. Pulau Pantara terbagi dalam dua pulau. Pantara Barat dan Pantara Timur. Yang masing-masing menyediakan jumlah contage yang berbeda dan beragam. Pantara Barat menyediakan kurang lebih 34 sedangkan Pantara Timur menyediakan contage yang tak kurang dari 50 contage. Semua tergantung pilihan anda. Disini juga ada meeting room dan bar sebagai tempat santai dan hiburan bagi anda.

-0-

Bisa dikatakan Kepulauan seribu adalah surganya pulau-pulau dengan segala keindahannya dan keistimewaanya masing-masing. Berbagai macam cottage, berbagai macam fasilitas, keindahan alam, serta menakjubkannya keindahan dasar laut menjadi sesuatu yang akan memuaskan anda pecinta alam  dan semua yang datang disetiap pulau di kepualauan seribu.Sekarang, saatnya menyusun rencana wisata dan refresing anda. Dengan harapan semoga moment wisata dan refresing anda berkesan dan tak terlupakan. Semoga bermanfaat.

Sumber Foto : Wisata Kepulauan Seribu

Enjoy Jakarta

Follow Enjoy Jakarta

Follow VIVAlog

31 komentar:

  1. Pernah kesana? Apa juga harus mengurus simaksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya sehari sebelum memasuki Kawasan Pulau Seribu, kita sebelumnya harus mengurus simaksi terlebih dahulu di Departemen kehutanan Mas. Secara gratis pula.

      Pada tahun 2009 yang lalu untuk masuk kawasan ini harus membayar 20.000 untuk orang Indonesia sendiri dan 25.000 untuk warga asing.

      Terimaksih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Dulu saya kerja di Pulau Seribu, tepatnya di Pulau Untung Jawa, pulau yang lebih dekat ke Jakarta dan Tangerang. Namun sayang belum suka foto jadi gak punya dokumentasi ketika kerja di sana.

    Ibukota Kabupatennya di Pulau Pramuka pulau sangat sangat menarik karena seru menjelajah ke Pulau yang berdekatan dengan menggunakan perahu ojek seperti ke Pulau Panggang yang termasuk padat penduduknya dan Pulau Karya (dulu mes Saya di Pulau ini).

    Terakhir bulan Desember kemarin pengen sekali mengunjungi Pulau ini namun ombak lagi besar dan Jakarta sedang banjir gede juga.
    Semoga kelak ke sana lagi .. sekalian napak tilas kerjaan he he.
    Tks serasa diingatkan karena banyak serunya ketika kerja di Pulau Untung Jawa.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh saya baru tahu lo kalau mas Yayat pernah menjadi slah satu bagian dari pada Kepulauan Seribu.

      Coba saja dahulu sudah punya cammera yang seperti sekarang, pasti galeri blognya penuh dengan pemandangan Pulau Seribu.

      Semoga dapat segera menikmatinya kembali.

      Salam persahabatan dari Jember.

      Hapus
  3. weeits kesanaa yuuk, asik nih sepertinya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo saja mas.

      Saya rasa lebih deketan sampean dari pada saya yang di Jember ini.

      Hapus
  4. jadi pengen kesana maz..tapi kok ya jauh..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berusaha dan berdo'a aja mas Ali.

      Semoga liburan yang akan datang dapat menikmati pesonanya.

      Salam dari Jember.

      Hapus
  5. Kepulauan seribu memiliki sejuta pesona keindahan alam yang di dalamnya memiliki kisah perjalanan sejarah yang menarik untuk ditelusuri.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih atas kunjungannya.

      Memang benar, karakteristik juga mewahnya pesona alam di kepulauan Seribu memang sangat menarik untuk di telusuri.

      Semoga pemerintah kian semakin peduli dalam memeliharanya.

      Hapus
  6. kemarin sempet rencana buat liburan ke pulau seribu kalau dikasih ijin bermalam 5 hari, tapi emang dasar yg namanya rencana yah tinggal rencana. liat foto2nya aja udah ngiler, apalagi datang ke sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doa'kan semoga cepat dapat berangkat ke Pulau Seribu ya Mbk Pit.

      Jadikan gak ngiler lagi.

      Hehehee..

      Hapus
  7. Aku pernah ke Pulau Tidung dan kemping di Pulau Kayangan yang tidak berpenghuni.
    Rekreasi Pulau Tidung asyik dan seru. Sedangkan kemping bersama anak-anak di Pulau Kayangan yang tak ada penghuninya.... Hmmm... sesuatu deehh!

    Sukses ya buat kontesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih bunda Niken.
      Kepulauan Seribu memang tempat yang harusnya masuk ke daftar rekreasi kita.
      Apalagi kumpul kumpul bersama keluarga disana, pasti istimewa sekali.

      Selamat menikmati.

      Hapus
  8. ada pulau favorit mancing para nelayan namanya pulau monyet

    Pulau pramuka salah satu pulau ter-angker menurut tetangga saya yg pernah tinggal disana dan merupakan ketua pramuka kwarcab dki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun angker namun menyimpan banyak keindahan dan keistimewaan yang luar biasa.

      Terimakasih atas partisipasinya mas

      Hapus
  9. Kepulauan Seribu kelihatannya indah banget ya, jadi pengen kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mbk Lianny.
      Kesempatannya masih terbuka sangat lebar.
      Liburan akan semakin menyenangkan.

      Hapus
  10. Beberapa kali membaca tulisan sahabat blogger tentang pulau ini.
    InsyaAllah kelak bisa ke sana.
    makasih ya infonya. informatif sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencoba ikutan contes dengan sungguh-sungguh Mbk Sus.

      Do'akan sukses ya.

      Hihiii

      Hapus
  11. Subhanallah Indah sekali.. Aku belum pernah ke Kep Seribu nih barang satu pulau,,, hihihi ^^

    Kapan kapan aaahhh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dilain waktu dapat segera menikmati keindahahnnya ya Bunda.

      Hapus
  12. Ya ampuunnn,,, seger banget ngeliatnya... sumpeh pengen kesana.. ajakain akuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti aja kalau ada orang gendong duit sekarung aku ajak kesana ya Mbk Yu..

      Hapus
  13. Saya baru merasakan Anyernya, Mas. ..
    Yang lain beluuum. ..

    Moga menang, yaaa.. .

    BalasHapus
  14. Dari semua gugusan pulau tersebut ...
    saya baru mengunjungi satu pulau saja ...
    Pulau Ayer dan Pulau Bidadari ...

    Jangan salah ... walaupun namanya pulau Bidadari ... tapi sama sekali tidak ada bidadari disana ... adanya ... Biawak dan Sarang Elang Bondol ...

    Salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa biawak menjelma menjadi bidadari Om.

      Semoga lain waktu dapat mengunjungi semuanya ya.

      Hapus
  15. saya pengen sekali ke pulau tidung tapi belum kesampean terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdo'a dan berusaha saja Mbk Mita.

      Semoga dikabulkan dan akhirnya kesampaian ya.

      Hapus
  16. pulau air dan pulau semak daun yg berada dekat dari pulau pramuka yang baru saya kunjungi, ngg bakal nyesel. . next pulau harapan , amin

    BalasHapus