ANGKA 22 ADALAH HARAPAN DAN DO'A

28 Jan 2014
Ulang Tahun Jaswan Ke 22
Foto ini dibuat oleh Mimi Arie - Jambi
Pagi itu, 17 Januari 2014 Mama begitu bersemangat merajang beberapa bumbu dapur. Terasa sekali aroma sedapnya, sehingga membuat mata Saya terbuka lebih cepat. Ini aroma yang khas sekali. Aroma dari tumisan bumbu salah satu makanan favoritku. Kutarik handuk dari centelan, lalu bergegas menuju kamar mandi. Kubasuh muka lalu kulanjutkan dengan mencangking sapu.

"Ma, sarapan pakek apa?" tanyaku. Ini pertanyaan yang selalu Saya tanyakan mulai dari kecil hingga sedewasa kini. Mama hanya mesem "Masak senenganmu" jawabnya santai "Wes cepetan ados! Mari adosmu engko jangane mateng". Sembari meletakkan sapu, kulirik dalam bakul. Ternyata memang benar, Mama sedang mempersiapkan lauk favoritku. Tumisan Pepaya.

Nasi di piring sudah siap, tumis pepaya, dan gorengan tempe juga sudah tersedia di meja makan. Namun pagi itu berbeda. Saya memang terbiasa di manja sejak kecil. Maklum, saya anak pertama. Bahkan sampai Saya mempunyai satu adik laki-laki, kebiasaan manja Saya memang tidak pernah hilang. Hal ini terkadang membuat adik Saya cemburu melihatnya. Namun Kami tidak sampai adu jotos mengatasi hal ini, Mama selalu menjadi penengah yang baik untuk urusan manja memanja.

Hari ini memang hari bahagia khususnya bagi Saya. Iya, 17 Januari kali ini genap sudah usiaku 22 tahun. Usia yang sudah tidak kecil lagi, bahkan tidak lumrah bila terus-terusan memanja. Namun, Mama selalu mengerti hal ini. "Ma, saiki kan aku ulang tahun" celetukku. "Wes ngerti" jawab Beliau. "Lah, aku gak di wek'i hadiah to?" tanyaku dengan muka menyengir. Jawabnya juga santai "Lah seng digawe sarapan iki kan yo podo wae karo hadiah to le!". Rasanya jleb sekali mendengar jawaban itu, ternyata masak sedari pagi tadi hanya untuk mempersiapkan hadiah sederhana nan special ini.

Saya menganggap itu kejutan membahagiakan. Sementara diluar sana pasti banyak orang yang tidak seberuntung saya. Mempunyai Mama yang perhatian juga tangguh. Terima kasih Ya Allah, ini nikmat yang luar biasa indah.

Handphone sudah sedari malam bersaut-sautan. Saya hanya membaca beberapa pesan pendek saja. Karena memang badan rasanya capek semua. Iya, kegiatan baru saya sebagai pembimbing anak-anak SD di Rumah Belajar memang lumayan menyedot energi Saya. Namun ini juga merupakan hadiah sekaligus kesempatan istimewa yang sudah Sang Kholiq berikan kepada saya. Alhamdulillah.
Sementara di Jejaring Sosial baik Facebook, Twitter dan lain-lainnya banjir ucapan ulang tahun yang membuat saya semakin teristimewa. Mulai dari saudara, teman, dan sahabat blogsphare juga tidak ketinggalan menghaturkan Do'a untuk Saya. Seharian memang membuat saya kerap berucap syukur ketika membaca posting-posting mereka. Ya Allah, ini indahnya berbagi.

Sama seperti yang pernah Saya tuliskan di Wall Facebook saat itu :

Hari ini, adalah salah satu hari yang pernah begitu saja terlupakan. Mungkin bagi sebagian orang, hari ulang tahun merupakan hari yang sangat istimewa. Begitupun denganku, hari ini juga istimewa, seistimewa mendapatkan Bulan di Ranting Cemara. Ahhh...kenangan masa silampun terkuak perlahan. Ada manis disela bertambahnya usia, juga ada pahit yang tidak dapat aku pungkiri. Iya, kawan mungkin sudah banyak yang melupakannya, namun bagiku mereka tidak akan pernah bisa hilang dalam memoriku.

Dua tahun silam, aku akan siap sedia membawa pakaian ganti kemanapun aku pergi, terutama pembersih badan dan shampoo. Hahaa biasalah, kawan-kawanku kerap kali jahil bila mengetahui salah satu temannya sedang merajut usia yang lebih tebal. Dempuran air berwarna bercampur tepung dan sedikit kocokan telurpun tidak dapat terpungkiri. Mungkin bila tubuh ini dipanggang akan menjadi kue yang teramat lezat. Sayangnya tidak ada vanili dan mesis. Donat dong!!!!

Hari ini tidak ada perayaan yang besar, hanya sederhana. Aku rayakan bareng Mama dan Adik laki-lakiku dirumah. Mama sengaja memasak lauk kesukaanku. Iya tumis pepaya dengan kecap, ditambah tempe bertepung, juga sambel yang berbahan lombok di goreng. Aku menyebutnya makanan super lezat yang pernah kunikmati. Heheeee.

Baiklah, ku ucapkan terima kasih buat teman-teman yang sudah mengingat hari lahirku. Mulai dari sahabat Blogger semuanya, Teman Twitter yang sudah MT kepadaku, Goolge yang sudah membuat gambar cantik, Buat teman di YM, tetanggaku, Para Fansku di radio dulu, kawan Pencinta Alam, sahabatku, juga keluargaku IPK, terima kasih supot, do'a, dan dukungan kalian semuanya semakin membuat hari ini istimewa.

untuk harapan kedepan tidak banyak, hanya ingin dibahagiakan orang lain dan dapat membahagiakan orang lain. Amin. Alhamdulillah.

22 tahun harus menjadi lebih baik. Harus semakin bersemangat dalam berkegiatan. Harus lebih giat beribadah. Semakin bijak memanfaatkan waktu. Dan berusaha untuk lebih dewasa dan bersikap. Itu semua adalah harapan. Sedangkan untuk Do'a, Saya hanya ingin membahagiakan orang lain juga dibahagiakan oleh orang lain pula.

5 komentar:

  1. semoga di beri kesehatan selalu itu mas dan kesempatan untuk membhagiakan org tuamu

    BalasHapus
  2. Semoga dengan bertambahnya usia, akan menjadi semakin baik dalam hal hal yang baik :D

    salam sukses jas :D

    BalasHapus
  3. semoga semakin bertambah rezekinya, ya :)

    BalasHapus
  4. Kak Jas... Ini Blog q yg Baru , Yang Lama Udah Aku Hapus...

    BalasHapus